Kamis, 27 Oktober 2011

JUZ 1 : Alif Laam Miim

 
Juz 1: Al fatihah- Albaqarah(1-141)
Ku bersihkan ragaku, ku letakkan hati ku pada cahaya Illahi...
ku satukan pikiran dan perasaan ku pada rohul syahadat.... 
بسم الله الرحمن الرحم ني
Ku buka lembaran kitab suci Alquran yang tersuci sepanjang zaman dan terjaga kemurniaan setiap firmanNya...
Allahu Akbar...Allahu Akbar..
Dadaku  tergetar, jiwa berkecamuk, mata berkaca-kaca.....tak kala membaca surah al fatihah.................. 
Al fatihah merupakan ummul kitab.., mencegah kemarahan Allah..., penawar segala macam penyakit... 
Samudera Lautan Al Fatihah yang tiada terbatas, semakin diselami, semakin tampak mutiara-mutiara ilmu yang berada di dalamnya..
Tiada keraguan hanyalah Allah lah ..Tuhan semesta alam, terbentang keselamatan dan kedamaian dunia akhirat...
Tuntunlah diriku di jalanMu selamanya...
Ya Robb... sesungguhnya aku mohon kepadamu dengan kebenaran surah Al fatihah dan rahasianya supaya Engkau bukakan bagiku pintu-pintu rahmatMu, karuniaMu dan rezekiMu, dan Engkau mudahkan setiap urusanku, sembuhkanlah penyakit yang ku derita . Sesungguhnya Engkau berkuasa atas setiap sesuatu. Aku mohon kepadaMu dengan kebenaran Al fatihah dan rahasianya kabulkanlah apa yang ku hajati...
Alif Laam Miim...
Ya robb.. hanya Engkaulah yang Maha mengetahui maksud huruf Muqathtaat ini....  
HambaMu haqqul nyakin Alquran sebagai mukjizat, disamping petunjuk dan cahaya yang dibawanya bagi orang yang beriman dan bertaqwa, menghantar kepada jalan kedamaian, kebahagiaan dan kesempurnaan hidup.
وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لاَ تُفْسِدُواْ فِي الأَرْضِ قَالُواْ إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَ
Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi. (11)Ku tertegun...begitu banyak bencana yang terjadi selama ini akibat ulah manusia yang tidak bertanggungjawab...kesadaran selalu datang terlambat..penyesalan sudah tidak ada arti..... 


يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertaqwa...(21)
الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الأَرْضَ فِرَاشاً وَالسَّمَاء بِنَاء وَأَنزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقاً لَّكُمْ فَلاَ تَجْعَلُواْ لِلّهِ أَندَاداً وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ
Dia lah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap...(22)  
وَإِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِ وَادْعُواْ شُهَدَاءكُم مِّن دُونِ اللّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
jika kamu tetap keraguan tentang Alquran yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad, buatlah satu ayat (saja) seperti alquran dan ajaklah  penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar, (23)Sampai dengan abad 21 ini...belum ada seorang manusia pun yang dapat membuat kitab melebihi kandungan kitab suci Alquran, tapi masih banyak manusia yang belum bertaqwa jg walaupun dia mengaku telah beriman. 
كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَكُنتُمْ أَمْوَاتاً فَأَحْيَاكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu. kemudian kamu dimatikan dan dihidupkanNya kembali, kemudian kepadaNya lah kamu dikembalikan (28)
فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ وَقُلْنَا اهْبِطُواْ بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ
Allah menciptakan manusia sebagai kalifah di bumi, tergelincir nya Adam dari syurga dari akibat bujuk rayu syetan, sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan (36)
وَالَّذِينَ كَفَرواْ وَكَذَّبُواْ بِآيَاتِنَا أُولَـئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
Adapun orang-orang kafir  dan mendustakan ayat-ayat kami mereka itu penghuni neraka, mereka kekal didalamnya.(39)..
وَلاَ تَلْبِسُواْ الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُواْ الْحَقَّ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ
Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan jangan lah kamu sembunyikan yang hak itu., sedang kamu mengetahuinya (42)
Ya robb....dengan karunia dan rahmatMu...lindungi kami dari syetan yang terkutuk, Anugerahkanlah kami cahaya islam yang menerangi qolbuku, jiwaku, dan menghiasi seluruh jasadku...masukkan kami di pintu-pintu syurgaMu.
وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ وَارْكَعُواْ مَعَ الرَّاكِعِينَ
Dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang-orang yang ruku (43)  
وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ
Jadikan sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu(45)
Bulan Ramadhan yang suci ini menjadi guru kami agar dapat menjadi orang yang sabar, meningkatkan rasa bela rasa pada kaum lemah, dhuafa dan yang tertindas. Jadikan kami orang-orang yang khusyu beribadah kepada Mu ya robb.
وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ الْغَمَامَ وَأَنزَلْنَا عَلَيْكُمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوَى كُلُواْ مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَمَا ظَلَمُونَا وَلَـكِن كَانُواْ أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ
Makanlah dari makanan yang baik yang telah kami berikan kepadamu (57).
قَالَ إِنَّهُ يَقُولُ إِنَّهَا بَقَرَةٌ لاَّ ذَلُولٌ تُثِيرُ الأَرْضَ وَلاَ تَسْقِي الْحَرْثَ مُسَلَّمَةٌ لاَّ شِيَةَ فِيهَا قَالُواْ الآنَ جِئْتَ بِالْحَقِّ فَذَبَحُوهَا وَمَا كَادُواْ يَفْعَلُونَ
Musa berkata, " sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang belum pernah dipakai untuk membajak tanah dan tidak pula untuk mengairi tanaman, tidak bercacat,tidak ada belangnya, " mereka berkata, " sekarang baru kamu menerangkan hakikat sapi betina yang sebenarnya." Kemudian mereka menyembelihnya dan hampir saja mereka tidak melaksanakan perintah itu. (71)
Jiwa dan jasad ini pasti lah kotor ya robb... karena selama ini kami masih banyak makan yang kurang baik dan tidak halal...untuk itu bersihkanlah dengan rahman, rahimMU. 
وَقَالُواْ لَن يَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلاَّ مَن كَانَ هُوداً أَوْ نَصَارَى تِلْكَ أَمَانِيُّهُمْ قُلْ هَاتُواْ بُرْهَانَكُمْ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ
 Dan mereka (Yahudi dan Nasranai) berkata " sekali-kali tidak akan masuk syurga kecuali orang-orang (yang beragama) yahudi dan nasranai. Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah "tunjukkan bukti kebenaran jika kamu adalah orang yang benar (111)
وَلَن تَرْضَى عَنكَ الْيَهُودُ وَلاَ النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ قُلْ إِنَّ هُدَى اللّهِ هُوَ الْهُدَى وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللّهِ مِن وَلِيٍّ وَلاَ نَصِيرٍ
Orang-rang Yahudi dan nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah "sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar). Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengethuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu (120)

وَوَصَّى بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللّهَ اصْطَفَى لَكُمُ الدِّينَ فَلاَ تَمُوتُنَّ إَلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ
.Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapkan itu kepada anak-anaknya demikian pula ya'qub. Ibrahim berkata): Hai anak-anakku sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu. maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama islam. (132)  
Janganlah iman kita dapat ditukar dengan apapun di dunia ini, karena iman ini lebih berharga dikehidupan yang sesungguhnya kehidupan di akhirat...kehidupan disyurga dengan segala macam makanan, buah-buah, bidadari, dan segala kebutuhan kita lebih dari tercukupi.  
Semakin banyak ku memahami kandungan Al quran, makin kecil ku dihadapanNya dan semakin aku dekat dan mencintaiNya....Cinta ku pada Nya tidak sebesar cintaNya kepadaku walaupun kutebus dengan jiwa raga, dan harta. Karena Dia lah pemilik Kehidupan ini. Kehidupan dunia Akhirat.
Allah mencintai hambaNya melalui hambaNya, Allah menyayangi hambaNya melalui HambaNya, Allah menolong hambaNya melalui hambaNya. kecuali hambaNya diberi kemujizatan sebagaimana nabi dan Rasul. Itulah perwujudan Allah mencintai dan menyayangi hambaNya. 
SubhanAllah....Maha suci Allah dengan segala FirmanNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar