Jumat, 04 November 2011

JUZ 21: UTLU MA UHIYA (AL ANKABUT 45 - AL AHZAB 30)

 
JUZ 21: UTLU MA UHIYA (AL ANKABUT 45 - AL AHZAB 30)

Rahmaan Rahiim
Imam At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan yang lainnya telah meriwayatkan dari Ummul mu’minin Aisyah beliau berkata : aku bertanya wahai Rasululloh jika aku telah mengetahui kapan malam lailatul qodar itu, maka apa yang aku katakan pada malam tersebut? Beliau menjawab : katakanlah

اَللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

“ya Alloh sesungguhnya engkau Maha pemaaf, engkau senang memaafkan kesalahan maka maafkanlah aku.

Dengan kerendahan hati ku bersihkan jiwa raga ku dengan berwudhu tuk memaknai kitab suci Al Quran juz 21:

.عوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحم

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Ankabut 45) Dan tiadalah kehidupan  dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan , kalau mereka mengetahui (64) Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan utnuk isteriisteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir (Ar Rum 21)


Hai...para isteri berbahagia engkau karena kau tercipta dari suami yang kau cintai
Jadilah isteri yang soleha bagi suamimu yang kau cintai bersatu dalam meraih cinta Allah
Berilah rasa tentram bagi suamimu, dan kau akan menerima berlimpah kasih sayangnya
Sering-seringlah sholat berjamaah dengan suami mu dan tunjukan kesetiaanmu padanya
Senantiasa menghibur hati suami dan taat padanya

Allahu Akbar
Bila dipandang suami senantiasa menyenangkan dan melembutkan pandangan
Selalu bersolek saat menyambut suami dan tidak pernah menolak saat mau disentuh
Senyuman tidak penah kepas dari wajahmu dan bertutur kata yang sopan
Mencium tangan suami bila suami pergi dan pulang dari mencari rezeki
Bila mau keluar rumah senantiasa minta izin suami
Raihlah kebahagian  akhirat  bersama suamimu yang kau cintai

Telah nampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) (41) Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-oang yang sombong lagi membanggakan diri (Luqman 18)  Tidakkah kamu memperhatikan , bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memsukan siang ke dalam malam dan Dia tundukan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (29)


Begitu luasnya  bumi ini tapi kita merasa sempit mendiaminya. Saat bencana terjadi kita tidak bisa kemana-mana. Hanya pasrah menunggu ketentuan Illahi, terseret dalam bencana atau terselamatkan. Kita kurang bersahabat, kurang peduli dan kurang menjaga keutuhan alam di bumi ini. Kita menjadi manusia yang serakah, perusak lingkungan hidup baik secara langsung maupun tidak langsung. Tumbuhkan dalam diri kita untuk mencintai alam sebagai wujud kita mencintai Allah. Bila kita mencintai alam dan merawatnya dengan  baik, insya Allah bencana tidak akan terjadi. Janganlah menjadi manusia sombong dan merasa berkuasa terhadap alam sehingga dengan  semena-menanya merusak alam.

Nabi berkata bahwa orang yang sombong meski hanya sedikit saja niscaya tidak akan masuk surga:
Dari Ibn Mas’ud, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda: “Tidak akan masuk sorga, seseorang yang di dalam hatinya ada sebijih atom dari sifat sombong”. Seorang sahabat bertanya kepada Nabi Saw: “Sesungguhnya seseorang menyukai kalau pakainnya itu indah atau sandalnya juga baik”. Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya Allah Swt adalah Maha Indah dan menyukai keindahan. Sifat sombong adalah mengabaikan kebenaran dan memandang rendah manusia yang lain” [HR Muslim]


Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu (Assajdah 5) Sesungguhnya orang-orang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami),mereka menyungkur sujud, dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri (15) Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharapkan (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Al Ahzab 21)


Cinta ku dalam hati ku memenuhinya cintaMu dalam hatiku
CintaMU pada ku menghadirkan Nabi Muhammad pada ku
Cintaku pada Nabi Muhmmad untuk meraih cintaMu padaku
Nabi Muhammad mengenalkan ku pada ayat-ayat firmanMu

Kepribadian Nabi  Muhammad sebagai suri tauladan bagiku tidak ada yang lain
Kepribadian Nabi Muhmmad bagai lukisan terindah sepanjang masa
Di sana tergambar Sang Nabi Muhmmad Sang Pejuang, Sang Panglima Perang, Sang Pengusaha, Sang Negarawan, Sang Orator Ulung, Sang Pembaharu, Sang Pelindung Anak Yatim Piatu, Sang Pelindung Hamba Sahaya, Sang Pembela Hak wanita, Sang Hakim, Sang Pemuka Agama, Seorang suami dan Ayah yang baik.
Dalam setiap perannya tadi, Nabi Muhammad adalah seorang Pahlawan. 

Wahai ...Nabi ku yang tercinta walau kita belum pernah berjumpa sejak 1.400 tahun lalu
Tapi ajaran mu Agama Islam telah menyentuh sanubari hati ku
Ku dapat menyembah Tuhanku dan menjadikan ku orang yang berakhlak baik
Dan akhirnya ku dapat di cintai oleh Tuhan ku

Saksikanlah kesungguhan hati ini bermunajat pada Tuhanku
Dan Dengarkanlah yang  ingin ku sampaikan pada malam ini
Hasrat suci ku pada mu Sang Nabi Muhammad untuk selamanya dengan segenap cintaku
Saat ajal ku menjemput yang ku inginkan dan ku dambakan dengan kerinduanku padamu Engkaulah saksi ku di hadapan Tuhan ku...Allah Maha Esa

SubhanAllah ....Maha Benar Allah dengan Segala FirmanNya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar