Kamis, 27 Oktober 2011

JUZ 13: WAMA UBARRI'U (YUSUF 53 - AL HIJR 1)

JUZ 13: WAMA UBARRI'U (YUSUF 53 - AL HIJR 1)

Allahu Latif

Janganlah hanya faham arti kata-kata yang tertulis dalam Al-Quran
kerna dibawah yang tertulis terdapat arti yang tersembunyi
di bawah arti lapis kedua ada lagi arti baru,
yang menyilaukan fikiran dan pandangan
arti keempat, kecuali Nabi, tak ada yang pernah memahami
kebesaran Tuhan, yang tiada tanding dalam Keghaiban
hitunglah arti tersembunyi itu sampai tujuh
kisah bermakna yang mengagumkan dari langit
Wahai kawan, janganlah memandang jilid Al-Quran.
Bagi setan, manusia hanyalah sepotong daging.
Bagaikan manusialah Al-Quran itu,
Bentuk lahir diluar dengan ruh diam-diam didalamnya.
~ Jalaluddin Rumi

Setiap kisah ada rahasia, dibalik rahasia tersimpan rahasia, Di balik tersimpan rahasia ada rahasia tersembunyi, di balik rahasia tersembunyi ada makna rahasia, dibalik rahasia bermakna ada manfaat rahasia. Semakin kita dekat pada Allah makin banyak rahasia yang terkuak, yang sebelumnya tidak kita ketahui. Setiap rahasia pasti mempunyai manfaatnya, tapi untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah. Hanya bagi hamba-hamba yang sholeh dan pilihan Allah lah yang dapat membuka hijab antara hamba dan Allah.

Dengan semangat malam ku bersihkan jiwa ragaku dan ku buka lembaran-lembaran rahasia Ilahi..


.عوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحم


Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhan ku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (53) Ya'qub menjawab :" Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahui (86) Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah  menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta'bir mimpi. (Ya Tuhan), Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaam Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh (101)


Nafsu berasal dari Penglihatan, bila kita buta atau tidak bisa melihat maka nafsu tidak akan hadir dalam diri kita.Amarah berasal dari pendengaran, bila kita tuli maka kita tidak akan bisa marah, walaupun ada orang yang mencaci didepan kita,
Dosa berasal dari mulut kita, karena mulut kita bisa memakan barang haram, lebih banyak  berkata-kata yang tidak pantas, mempergunjingkan orang lain, menghina orang lain . Jadi agar hati kita bersih jagalah penglihatan, pendengaran, dan mulut kita.

Tutup Mata, Tutup Telinga, Tutup mulut, dan Tutup kemaluan menuju panggilan Cahaya Illahi
  Beriring salam  membuka tabir kebekuan hati 
 Dijalan lurus tiada henti bertasbih, memanggil namaMu.  Awan berarak memayungi kalimahMu
 Lepaskan rantai belenggu noda kelam   


Alif laam miim raa. Ini adalah ayat-ayat Al Kitab (Al Quran). Dan kitab yang diturunkan kepadamu daripada Tuhanmu itu adalah benar, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman(kepadanya) (Ar Ra'd 1).  Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikuti bergiliran dimuka dan dibelakngnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yan gdapt menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia ( 11)  (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allahlah hati jadi tentram (28) Dan  (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mema'lumkan " sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatku), maka sesungguhnya azab Ku sangat pedih'. (Ibrahim 7)

Tangisanku tiada henti disaksikan malaikat dan bidadari.  Meratapi kepergian kecantikan dunia
 Hati teriris iris dengan sembilu setajam silet.  Saat mendekati kehilangan arah, terombang ambing dalam galau.  Tersentak, tersadar dengar alunan nada merdu ayat-ayat suci Al Quran. Hati terobati, nangis terhenti, rindu lenyap, diam seribu bahasa
Bangkit, melangkah , berjuang mengapai mentari pagi.  Mensyukuri masih ada matahari terbit besok pagi


Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan, dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit (38) Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mu'min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat) (41) Alif, laam , raa (surat)  ini adalah (sebagian) dari ayat-ayat Al Kitab  (yang sempurna) yaitu (ayat-ayat) al Quran yang memberi penjelasan ( Al Hijr 1)


Hanya pada mu Ya Robb ku sampaikan segala yang tersembunyi dan nyata, yang gelap dan yang terang, yang kotor dan yang bersih. Ampuni diri ini yang selalu mengotori hati dengan mengecewakan orang lain, walau bukan seperti itu  yang dia maksud. Buka kan pintu maafMu dan terangi jiwa dan hati ini dengan cahaya cintaMu.

SubhanAllah.... Maha Benar Allah dengan segala FirmanNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar