Kamis, 27 Oktober 2011

JUZ 16: QALA ALAM (AL KAHFI 75 - TAHA 135)

JUZ 16: QALA ALAM (AL KAHFI 75 - TAHA 135)
Allahu Fattaah

Ya Allah, sadarkan aku di dalamnya pada keberkahanmu, pancarkan cahaya ke dalam hatiku dengan sinar cahayaNya, bimbinglah semua anggota badanku untuk mengikuti jejak-jejaknya, dengan cahaya-Mu, wahai Yang Menyinari semua hati.

Ku bersihkan jiwa ragaku dengan air wudhu dan perlahan ku membuka lembaran kitab suci Al Quran juz 16.

.عوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحم

Khidir berkata:" Bukankah sudah kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya kamu tidak akan dapat sabar bersamaku?" (75) Katakanlah:"Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula) (109) Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera. ( Maryam 5)

Sabar itu menghilangkan segala ego..Sabar itu selaras dengan hukum alam..Sabar itu menyadari setiap kejadian adalah rahmat dari Allah..Sabar itu separuh iman..Sabar dan syukur itu iman..Sabar itu keteguhan hati..Sabar itu kebulatan tekad..
Sabar itu menunda respon..Sabar itu kunci sukses.Sabar itu pilar kebahagian 

Berkata sebagian orang ‘arifin: “ahlush-shabri itu adalah atas tiga maqam.
Pertama, orang-orang yang meninggalkan nafsu syahwat, dan ini adalah derajat orang-orang yang taubat (mutawwabiin).
Kedua, orang-orang yang ridla dengan yang ditakdirkan Tuhan, dan iniadalah derajat orang-orang zahid.
Ketiga, orang-orang yang suka kepada apa yang diperbuat Tuhannya, dan ini adalah derajat orang-orang shiddiq (ash-shiddiqin).


Maka Maryam menunjuk kepada anaknya, Mereka berkata:"Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan" (29)  Berkata Isa:" Sesungguhnya aku ini hamba Allah. Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi (30) Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun. (60) Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang. Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan (Taha 15)

Dalam Injil mujizat pertama kali Nabi Isa adalah Air jadi Anggur  sewaktu Nabi Isa menghadiri perkawinan di Kana (Yohanes 2:1-11), sedangkan menurut Al Quran mujizat pertama kali Nabi Isa adalah Nabi Isa masih dalam ayunan sudah bisa berbicara (Maryam 19: 29-30). Injil adalah Karya Tuhan melalui tangan manusia, dan dapat trus berubah. sedangkan Al Quran adalah Firman Allah tidak bisa berubah.

Daripada Huzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata: “Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?”. Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari qiamat”.


Lalu Nabi saw. bersabda: “Tidak akan terjadi hari qiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”. Kemudian beliau menyebutkannya: “Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia kepada Padang Mahsyar mereka”.
H.R Muslimi



Sesungguhnya barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan berdosa, maka sesungguhnya baginya neraka Jahanam. Ia tidak mati di dalamnya dan tidak (pula) hidup (74) Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al Quran sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu dan katakanlah:"Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." (114) Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbiihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan  pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang (130) Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa (132).


Perjalanan hidup dari bayi sampai hari ini semuanya tercatat rapi dalam file nya Allah.Pastilah kita tau apa yang telah terjadi selama hidup kita sampai hari ini. Banyak warna, banyak kejadian,Tapi untuk hari ini dan hari selanjutnya kita masih bisa  tentukan langkah kita, dan memberi warna kehidupan kita. Pilihan ada di tangan kita, tangan kanan surga atau tangan kiri neraka, mencari rezeki halal atau rezeki haram, saat mati meninggalkan nama yang harum atau nama yang busuk, kita mau jadi orang pintar atau bodoh. mau bertobat atau tetap menjalani kehidupan dengan dosa masih melekat di hati. Menjadi Hamba yang di cintai Allah atau Hamba yang di benci Allah.

Sepanjang hidup, seiring waktu berjalan mengitari jagat raya 
Napas masih melekat pada jasad yang hina dina
Bersihkan jasad dan hati dengan cahaya Allah. Tegakkan kepala, tatap masa depan, raih cinta Allah 
Bila kiamat sudah datang menghadang, bumi meledak tidak karuan, jagat raya saling melempar 
Tidak ada lagi yang bisa diperbuat, pinta doa pun sudah ditutup. 
Penyesalan sudah habis terbuang, tidak ada penghibur yang datang. Hanya amalan yang baik dan safaat mengunjungi diri dan membawa menuju cahaya Nya.

SubhanAllah.....Maha Benar Allah dengan Segala FirmanNya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar